Jumat, 28 Agustus 2009

Sejarah Internet


Internet, tentu saja, tidak langsung lahir sekaligus dalam bentuknya yang mendunia seperti sekarang yang terdiri atas ribuan jaringan dan sambungan komputer. Internet berawal dari sebuah jaringan yang disebut "ARPANET", "Ibu Internet".


Sejarah terbentuknya INTERNET
ARPANet
Pada tahun 1969 ARPA (Advanced Research Project Agency), sebuah bagian dalam kementerian Pertahana Amerika Serikat memulai sebuah proyek, yang di satu sisi menciptaan jalur komunikasi yang tak dapat dihancurkan dan disisi lain memudahkan kerjasama antar badan riset diseluruh negeri, seperti juga industri senjata. Maka terbentuklah ARPANet.

Arpanet mula-mula menghubungkan para peneliti di berbagai pusat komputer yang terpencil sehingga memungkinkan mereka saling berinformasi perangkat keras dan perangkat lunaknya,seperti ruang data cakram komputer, pangkalan-data dan komputer. Jaringan percobaan lainnya dihubungkan ke arpanet dengan menggunakan teknologi antar jaringan yang disponsori DARPA. Tahun 1980-an Arpanet asli ini terpecah menjadi dua yaitu Arpanet dan Milnet(suatu jaringan militer rahasia)

Peristiwa besar berikutnya dalam sejarah internet adalah kelahiran National Science Foundation Network (NSFnet) pada tahun 1986 yang menghubungkan banyak peneliti di seluruh Amerika Serikat.

ARPAnet akhirnya diberhentikan dan dibongkar secara terhormat pada bulan maret tahun 1990. CSnet mendapati bahwa sebagian besar anggotanya (jurusan ilmu komputer) telah dihubungkan dengan NSFnet sehingga CSFnet (Computer Science Network) pun dihentikan pada tahun 1991.

Kemudian vendor-vendor komputer meramaikan lalu lintas jaringa tersebut untuk berbagai kebutuhan sehingga terciptalah INTERNET.

diposting oleh Tugas TIK @ 06.48  

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda